Tuesday, April 7, 2020

BAHASA ARAB ADALAH KUNCI

Al-Imam As-Syathibi rahimahullaah menulis,

ولما كان الكتاب والسنة واردين بلغة العرب، وكانت لهم عادات في الاستعمال، بها يتميز صَرِيحِ الْكَلَامِ وَظَاهِرِهِ وَمُجْمَلِهِ، وَحَقِيقَتِهِ وَمَجَازِهِ، وَعَامِّهِ وخاصه، ومحكمه ومتشابهه، ونصه وفحواه، إلى غير ذلك؛ كان لا بد -لطالب الشريعة من هذين الأصلين- أن يكون على علم بلسان العرب في مناحي خطابها، وما تنساق إليه أفهامُها في كلامها؛ فكان حذق اللغة العربية بهذه الدرجة ركنا من أركان الاجتهاد؛ كما تقرر ذلك عند عامة الأصوليين، وفي مقدمتهم الإمام الشافعي -رضي الله عنه- في "رسالة الأصول".

“Tatkala Al-Kitab/Al-Qur’an dan Sunnah diriwayatkan dengan bahasa bangsa Arab, kemudian mereka memiliki nilai-nilai dalam penggunaan bahasa tersebut, maka dengannya dapat dibedakan mana ucapan sharih [to the point], dzohir [nampak luar], dan mujmal [global]; mana hakikat dan mana majaz [perumpamaan]; mana ‘am [kalimat umum] dan mana khas [kalimat khusus]; mana muhkam dan mana mutasyabih; mana teks dan mana fahwa-nya [maksud teks]; dan sebagainya.

Oleh karena nya, wajib bagi para penuntut syari’at -dimana syari’at diambil dari dua sumber ini- agar ia memiliki ilmu bahasa Arab sejauh jangkauan ucapannya, dan memahami pemahaman-pemahaman yang dirangkai dari kedalaman kata bahasa Arab.

Penguasaan bahasa Arab dengan tingkatan seperti ini merupakan asas diantara asas berijtihad, sebagaimana yang sudah disepakati oleh mayoritas ulama ushul, dimana yang mengepalai mereka adalah Al-Imam As-Syafi’I radhiyallaahu ‘anhu di dalam Risalah Al-Ushul.” (Muqaddimah Al-Muwafaqat, hal. 4)

Ngaji BAHASA ARAB
https://t.me/ngajiArab

No comments:

Post a Comment